Usaha Budidaya jamur sangat menjanjikan

Jumat, 04 Februari 2011

Cara Membuat Teh Jamur Kombucha

kombucha-teh jamur-dipo-organik-rial aditya
Minuman teh kombucha dapat  dibuat dari sepotong membran jamur teh atau beberapa sendok larutan kombucha atau gabungan keduanya. Bila disimpan di tempat yang sesuai dan diberi media tumbuh berupa teh manis, minuman sehat dan segar ini akan berkembang dengan sendirinya.
Bahan :
  • 250 gram gula pasir
  • 2 lt air putih
  • 4 sendok teh hijau/hitam,  bisa juga menggunakan teh  celup
  • bibit Kombucha (bagi yang berminat, saya memproduksi bibitnya)
bibit kombucha-organik-teh-jamur
Peralatan       :
  • Panci untuk merebus  teh
  • Kompor
  • Pengaduk
  • Saringan untuk menyaring teh
  • Toples untuk fermentasi teh kombucha
  • Botol semprot alkohol 70% (untuk mensterilkan peralatan dan permukaan tangan)
Proses Pembuatan :
1. Tahap Pembuatan Teh manis
Masukkan teh hijau/hitam (Bisa menggunakan teh celup ataupun teh rajang) ke dalam air panas yang telah disiapkan sebelumnya. Tambahkan gula dan diaduk hingga rata.  Dalam keadaan masih cukup panas lakukan penyaringan untuk memperoleh larutan yang homogen sambil dipindahkan  kedalam toples yang terbuat dari gelas/kaca. Kemudian tutup rapat dan biarkan  teh manis mendingin. Pastikan toples telah bersih dan steril dengan cara membersihkannya dengan alkohol 70%.
2. Tahap Inokulasi
Setelah teh manis dalam toples mendingin/hangat-hangat kuku, tambahkan   10%  air bibit teh kombucha  kemudian diaduk dengan sendok yang telah disterilkan dengan alkohol. Setelah itu masukkan  pula bibit kombucha yang  berupa lapisan selulosa. Segera tutup kembali toples untuk menghindari kontaminasi. Toples ditutup rapat selama 24 jam.
3. Tahap Fermentasi
Setelah 24 jam, ganti tutup toples tersebut dengan menggunakan kain bersih yang telah disemprot alkohol 70% . Penutupan dengan kain ditujukan agar udara bisa masuk tapi sekaligus menghambat masuknya organisme pengganggu seperti semut, lalat, nyamuk, ataupun  mikroba dan debu/polutan lainnya yang bisa mengkontaminasi larutan teh kombucha. Tanpa oksigen, bibit kombucha tidak dapat tumbuh dengan baik.
Ikat mulut toples dengan karet/tali kemudian  fermentasi/simpan pada suhu kamar selama 7-14 hari. Semakin lama masa fermentasi maka larutan akan semakin asam. Apabila menginginkan rasa yang tidak terlalu asam, cukup 7 hari fermentasi. Jika menginginkan rasa yang dominan asam, lakukan fermentasi selama 14 hari. Simpan di  tempat yang gelap, tenang dan hangat dan tidak boleh digoyang-goyang (misal di dalam lemari) .
Pada saat fermentasi terjadi, gula akan dipecah oleh jamur/khamir dalam starter dan akan terbentuk CO2. Cairan teh menjadi berbuih dan rasanya menjadi  masam.
4. Setelah masa fermentasi (7-14 hari) akan terlihat lapisan selulosa baru dipermukaan.  Lapisan ini merupakan koloni jamur yang baru tumbuh.
Angkat jamur baru yang berada dipermukaan dan jamur lama di dasar toples, lalu saring airnya. Air yang telah disaring merupakan teh kombucha yang sudah siap dikonsumsi. Untuk memperoleh cita rasa yang lebih nikmat dan menyegarkan , teh kombucha dapat disajikan dengan tambahan es.
Teh kombucha yang telah jadi sebaiknya disimpan di lemari es untuk menghentikan proses fermentasi sehingga teh tidak terlalu asam.
5. Jamur lama dan baru (berupa lapisan selulosa) dicuci bersih dengan air matang yang tidak panas, kemudian  simpan  kembali dalam wadah dan  beri air teh manis yang baru + 10% air teh kombucha yang telah jadi sebelumnya. Ulangi tahapan  no 1-5.
Point penting
  • Setiap kali tahap fermentasi selesai, pada saat pemisahan selalu sisakan 10% bagian teh kombucha untuk keperluan pembuatan teh kombucha berikutnya.
  • Tutup toples dengan rapat menggunakan kain.
  • Seluruh tahapan dilakukan dalam keadaan bersih/steril/aseptik.
Sehari dapat diminum tiga gelas; satu gelas pada waktu perut kosong dipagi hari, gelas kedua setelah makan siang dan gelas ketiga pada saat menjelang tidur. Tapi bagi pemula sebaiknya meminum secara bertahap sedikit demi sedikit dengan ukuran gelas kecil. Bila tubuh sudah terbiasa volumenya bisa ditambah dari hari ke hari.
Dosis pemberian kombucha berdasarkan umur :
  • Lebih dari 18 tahun (dewasa) = 200 ml (1 gelas)
  • 15 – 17 tahun                           = 3/4 dosis dewasa
  • 0 – 14 tahun                             = 1/2 dosis dewasa
  • 5 – 9 tahun                               = 1/3 dosis dewasa
  • 3 – 4 tahun                               = 1/4 dosis dewasa
semoga bermanfaat

2 komentar:

  1. mas uden yang baik, gimana caranya saya ingin memperoleh biang jamur kombucha ...

    BalasHapus
  2. SYA INGIN MEMPEOLEH INDUKANNYA,BAGAIMANA?

    BalasHapus