Usaha Budidaya jamur sangat menjanjikan

Rabu, 19 Januari 2011

Saatnya Bangkit Memulai Usaha

Membangun sebuah usaha tidaklah sulit seperti yang kita bayangkan selama ini. Hanya saja sedikit sekali orang yang tahu tentang caranya.
" Sebenarnya tahu atau tidak tahu tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah orang enggan untuk action ." 
Ada rumus untuk mencapai sebuah keberhasilan..
4A

Action, Action, Action, dan Action 

Yang tersulit dalam membangun usaha adalah pada saat kita memulai sebuah usaha, banyak pertimbangan yang harus diperhitungkan. Disamping itu sikap ragu-ragu dapat menghambat dalam memulai usaha.  Sehingga kita sering mendengar bahwa orang yang akan membangun usaha belum juga memulai, dengan alasan tidak tahu usaha apa yang cocok untuk dijalankan. 
Atau orang belum memulai usaha karena tidak tahu cara menjalankan usaha. Atau yang paling sering kita dengar adalah orang tidak memulai membangun usaha karena tidak memiliki modal.

Memang tidak mudah untuk memulai usaha, karena terdapat beberapa aspek yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah aspek permodalan, aspek pemasaran, aspek produksi, aspek bahan baku, aspek karyawan, dan banyak lagi.  Kadang orang terjebak dengan persyaratan yang tidak mereka miliki, sehingga membangun sebuah usaha tinggallah rencana.

Disisi lain banyak peluang usaha yang ditawarkan, baik melalui internet maupun surat kabar.  Bahkan dengan iming-iming yang sangat menggiurkan, misalnya dengan kerja hanya beberapa menit saja dapat menghasilkan puluhan, bahkan ratusan juta rupiah.  Ada juga yang menawarkan pasif income, yaitu pendapatan terus mengalir, walaupun kita tidak perlu bekerja.  Bagi sebagian kecil orang, usaha seperti ini dapat berhasil, akan tetapi banyak orang yang mengalami kegagalan.

Bagaimana cara memulai usaha, saya akan mengajak anda untuk memulai usaha dengan kemampuan yang anda miliki saat ini.  Kemampuan tersebut bisa berupa keterampilan yang anda miliki, atau modal yang anda miliki saat ini.
Banyak yang telah saya berikan saran untuk membuka usaha dengan kemampuan yang dia miliki, ada orang yang hanya memiliki kemampuan membuat ketupat, ada yang hanya bisa menjahit, ada yang hanya bisa memperbaiki radoi tape, ada pekerjaannya sebagai sopir angkot, ada yang bekerja di pabrik dan lain-lain.  

Setiap orang memiliki potensi yang bisa dikembangkan untuk dijadikan sebagai modal untuk memulai usaha. Sayangnya sedikit sekali orang yang menyadarinya. Saya yakin bahwa setiap kemampuan sekecil apapun dapat dijadikan menjadi modal untuk memulai usaha, akan tetapi kemampuan tersebut harus disalurkan dengan cara yang benar dan dengan manajemen yang baik, sehingga peluang untuk menjadikannya usaha yang besar, sangat terbuka lebar.

Saya tidak akan mendorong anda untuk melakukan suatu pekerjaan yang tidak anda kuasai.  Saya tidak akan mengharuskan anda menyediakan modal yang tidak anda miliki.
Saya tidak akan mengajak anda untuk melakukan usaha yang bahkan andapun tidak memahami usaha yang akan anda lakukan. Saya akan mengajak anda memulai usaha dari tempat anda berdiri saat ini. Saya akan mengajak anda memulai usaha dengan modal yang anda miliki saat ini.

1 komentar: